Beriman Kepada Malaikat

By | July 25, 2010

Beriman kepada malaikat merupakan rukun iman di dalam islam. Oleh karenanya Allah mensifati aqidah seorang mukmin di dalam surat Al Baqoroh: 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. (Al Baqoroh: 285)

Di dalam Al Qur’an penyebutan malaikat terdapat dalam 75 ayat di dalam 33 surat yang berbeda. Dan terdapat banyak hadits yang menunjukkan wajibnya beriman kepada malaikat. Salah satunya adalah hadits Umar bin Khottob tentang islam, iman, dan ihsan.

قَالَ –أَيْ جِبْرِيْلُ-: فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ اْلِإيْمَانِ, قَالَ-أَيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلََّمَ-: أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَ مَلاَئِكَتِهِ وَ كُتُبِهِ وَ رُسُلِهِ وَ اْليَوْمِ الآخِرِ وَ تُؤْمِنَ باِلْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ قَالَ –أَيْ جِبْرِيْلُ-: صَدَقْتَ

”Lalu dia (Jibril) berkata: terangkanlah kepadaku tentang iman”. (Rosululloh) menjawab: ”Hendaklah engkau beriman kepada Alloh, beriman kepada para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para utusan-Nya, hari akhir, dan hendaklah engkau beriman kepada taqdir yang baik dan yang buruk.”Orang tadi (Jibril) berkata: ”Engkau benar.”

Makna iman kepada mereka

Makna beriman kepada mereka adalah pembenaran yang pasti bahwa Allah memiliki malaikat yang diciptakan dari cahaya yang tidak bermaksiat kepada Allah atas perintah Allah dan  melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya.

Beriman kepada mereka mencakup beberapa hal:

  1. Mengimani wujud (keberadaan) mereka
  2. Beriman kepada nama-nama mereka yang telah diketahui
  3. Mengimani sifat-sifat mereka
  4. Mengimani bahwa mereka beramal serta mengimani pekerjaan mereka

Keyakinan Sebelum Datangnya Islam

Orang-orang musyrik sebelum datangnya islam mereka berkeyakinan bahwa malaikat adalah anak perempuan Allah. Mereka mengatakan hal itu sehingga Allah pun menolaknya dengan firman-Nya:

“Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan malaikat-malaikat itu? Kelak akan dituliskan persaksian mereka dan mereka akan dimintai pertanggungjawaban.” (Az Zukhruf: 19)

“atau apakah Kami menciptakan malaikat-malaikat berupa perempuan dan mereka menyaksikan (nya)? Ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka dengan kebohongannya benar-benar mengatakan: “Allah beranak”. Dan sesungguhnya mereka benar-benar orang yang berdusta.” (Ash Shoffat: 150-152)

Oleh: Firmansyah

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*