Buku Fikih Ramadhan

By | July 26, 2010

buku-fikih-ramadhan

buku-fikih-ramadhan

Tak terasa ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Bak tamu agung, tentu kita perlu mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Walaupun ramadhan merupakan momen tahunan bukan berarti kita tidak mempersiapkannya.

Sebab, banyak diantara kaum muslimin yang latah dalam menjalankan ibadah ini. Yakni melaksanakan shaum (puasa) ramadhan hanya sesuai dengan apa yang menjadi kebiasaan setiap tahunnya tanpa tahu dasar dan dalilnya.

Memang, ramadhan adalah ibadah tahunan yang rutin kita laksanakan. Tapi tidak menutup kemungkinan banyak hal yang belum kita ketahui. Dan hal ini sering dipandang sebelah mata.

Yang perlu kita ingat adalah bahwa ibadah yang diterima oleh Allah tidak saja menghajatkan pada keikhlasan. Kesesuainnya dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah saw juga harus dipenuhi. Tidak terkecuali adalah shaum di bulan ramadhan.

Karenanya Rasulullah pernah mengingatkan kita, berapa banyak orang yang shaum namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali sekadar lapar dan dahaga. Hal itu terjadi karena ketidak sesuaian amalan mereka dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Maka membekali diri dengan ilmu adalah satu hal yang penting sebelum kita beramal.

Setidaknya buku Fiqih Ramadhan ini dapat menjadi panduan bagi anda dalam memahami berbagai permasalahan seputar fikih ramadhan. Seperti bagaimana menentukan awal ramadhan dan akhir ramadhan, niat shaum, sahur, shalat tarawih, i’tikaf, zakat fithri, shalat ‘id dan sebagainya.

Di dalam buku ini setiap permasalahan didudukkan sesuai dengan timbangan syar’i. Pembahasan pun ditulis secara rinci dan dengan bahasa yang mudah dipahami. Sehingga terhindar dari kerumitan yang membingungkan pembaca.

Nilai lebih dari buku ini adalah setiap pembahasan materi selalu terurai di atas dalil yang pasti. Sehingga setiap materi yang tersaji memiliki kapasitas ilmiah yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tidak keliru kiranya buku ini dijadikan panduan untuk menapaki bulan ramadhan dengan penuh berkah.

Judul Buku : Fiqih Ramadhan, Mendulang Ilmu Menuai Pahala

Penulis : Tim Ulin Nuha Ma’had Aly An Nuur Surakarta

Penerbit : Muhammadiyah University Press

Ukuran : 180 hlm; 20.5 cm

ISBN : 978-979636-0918

PESAN SEKARANG

Lihat daftar isi

Incoming search terms for the article:

One thought on “Buku Fikih Ramadhan

  1. Pingback: Buku Fiqh Ramadhan « Nepi Kaspiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*